Tim Penilai Lomba Madrasah Sehat Kunjungi MAN 1 Muna

By admin 17 Mar 2022, 10:44:34 WITA Pendidikan
Tim Penilai Lomba Madrasah Sehat Kunjungi MAN 1 Muna

Gambar : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara berkunjung ke MAN 1 Muna dalam rangka Penilaian Lomba Madrasah Sehat


Madrasah Aliyah Negeri 1 Muna dikunjungi Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Sulawesi Tenggara beserta rombongan dalam rangka Lomba Madrasah Sehat Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (17/03/22).

Tim Penilai terdiri dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara H. Zainal Mustamin, S.Ag.,MA, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Provinsi Sulawesi Tenggara H. Muh. Saleh, S.Ag., M.Pd.I, Kepala Seksi Sarana Prasarana Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara Sutarmin Kete, S.Pd.,M.Pd serta Analis SDM Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara  Muh. Syarif Muin. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya bidang Pendidikan Madrasah untuk mendukung pembangunan karakter warga madrasah dalam budaya hidup bersih dan sehat. 

Kepala MAN 1 Muna Sitti Marwah Larisu, S.Ag.,M.Pd menerima secara langsung tim penilai dengan didampingi oleh Kepala Tata Usaha dan Dewan Guru MAN 1 Muna. Marwah berharap kedatangan tim Penilai ini akan memberikan motivasi kepada warga madrasah dan masyarakat disekitar untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat. “Ditinjau dari komponen keterlaksanaan program Pendidikan dan layanan kesehatan, MAN 1 Muna memiliki sarana UKS dan Program Kesehatan yang memadai. Hal ini ditandai dengan adanya program kemitraan Kesehatan antara MAN 1 Muna dengan Puskesmas Katobu. Program Kemitraan ini terlaksana dalam bentuk penyuluhan, penjaringan dan pemeriksaan kesehatan bagi para siswa MAN 1 Muna yang terangkum dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) setiap siswa. Selain itu, di MAN 1 Muna juga memiliki dokter remaja, duta covid dan duta gendre yang berasal dari unsur siswa untuk memaksimalkan program pembinaan kesehatan di tingkat siswa. Selain itu untuk mendukung program hidup bersih dan sehat, disetiap ruang kelas terdapat sarana CPTS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dengan air yang mengalir/kran. Semoga dengan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat, yang kemudian memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan manusia indonesia seutuhnya” Jelasnya. 

Tim penilai meninjau semua ruangan yang ada di Madrasah diantaranya Ruang UKS, Ruang PIK Remaja, Musholla, Perpustakaan, WC, Kebun Toga, Kantin, dan ruang belajar sebagai indikator penilaian lomba Madrasah Sehat. Dalam proses peninjauan, para tim penilai berharap dengan adanya penilaian madrasah sehat ini ada perbaikan pola hidup bersih dan sehat para siswa yang dimulai dari madrasah dibawa ke lingkungan hidup. Lingkungan madrasah harus bersih, indah, tertib, rindang, dan memiliki penghijauan yang memadai. UKS memiliki peran penting dalam menunjang pola hidup sehat dan didukung dengan peralatan yang memadai. Selain itu, kantin juga harus bersih dan menyediakan menu gizi seimbang. Kemudian ruang kelas juga harus memenuhi syarat kesehatan (ventilasi dan pencahayaan cukup).  

Tim penilai juga berharap agar kebersihan di madrasah tidak hanya ditonjolkan saat perlombaan saja, tetapi harus berlanjut dan menjadi budaya yang dimulai dari diri sendiri sebagai bagian dari Keimanan kepada Allah SWT. Terakhir mereka juga menghimbau semoga dengan adanya perlombaan madrasah sehat ini para peserta didik bisa menjadi agen perubahan di bidang kesehatan ditengah keluarga dan masyarakat. 

#mansatumunabersahabat
#madrasahmandiriberprestasi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment