Tiga Siswa MAN 1 Muna Ikut Pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

By admin 22 Mar 2022, 11:03:28 WITA Pendidikan
Tiga Siswa MAN 1 Muna Ikut Pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

Gambar : Idrus, Milad dan Rabiatul Tiga Siswa MAN 1 Muna Dalam Ajang Duta GenRe Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2022


Muna, media.man1muna.com-- Tiga Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Muna Rabiatul Amaliyah (XI IPA 1), Wa Ode Sitti Nurmilad Rahmawati (XI IPA 2) dan La Ode Muhammad Idrus Badawi (XI IPA 2) terpilih sebagai perwakilan Kabupaten Muna dalam Acara Pemilihan Duta GenRe Provinsi Sulawesi Tenggara. Ketiganya saaat ini mengikuti Karantina dimulai tanggal 21 Maret hingga tanggal 25 Maret 2022 bertempat di Hotel Azizah Syariah Kendari.

Duta GenRe merupakan akronim dari duta Generasi Berencana yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Penyiapan kehidupan berkeluarga dibentuk melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. Program ini terdiri atas tiga fokus utama yaitu pendewasaan usia pernikahan, menghindari seks pranikah, dan menghindari NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya).

Kegiatan ini diluncurkan pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB). Harapannya peserta dapat menjadi Generasi yang PuNya Rencana sekaligus figur motivator bagi teman sebayanya agar mereka dapat menjadi remaja yang penuh perencanaan dan tentunya terhindar dari permasalahan-permasalahan remaja. 

Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Muna, kegiatan ini termasuk dalam Program Pusat Informasi Konseling (PIK)-Remaja Smart MAN 1 Muna. Sejak tahun 2018 MAN 1 Muna dipilih oleh BKKBN Lewat DKBP3A untuk mengikuti ajang Duta GenRe. Alasan terpilihnya siswa MAN 1 Muna sebagai perwakilan Kabupaten Muna dalam Ajang Duta GenRe adalah keatifan program PIK-Remaja di Madrasah. Menurut pihak BKKBN melalui DP2KB, MAN 1 Muna merupakan Sekolah Menengah Ke Atas dengan kegiatan PIK Remaja yang Aktif.  

Saribulan, S.Pd selaku Koordinator PIK-Remaja Smart MAN 1 Muna memberikan apresiasi kepada peserta MAN 1 Muna atas segala usaha yang telah dilakukan hingga bisa berlaga ditingkat Provinsi. “ Terimakasih kepada Rabiatul, Nurmilad dan Idrus atas kesungguhan yang telah mereka tunjukkan sejak proses awal seleksi. Semoga diberi kemudahan dan kelancaran agar prosesnya bisa terlalui dengan baik dan memperoleh hasil yang terbaik. Alhamdulilah sejak tahun 2018, siswa MAN 1 Muna turut serta dalam kegiatan ini. Prestasi tertinggi diraih tahun lalu saat siswa kami Misdah Nur Faizah keluar sebagai juara III Duta Genre Provinsi Sulawesi Tenggara. Semoga tahun ini prestasinya lebih baik lagi” jelasnya.  

#mansatumunabersahabat

#madrasahmandiriberprestasi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment