Ujian berbasis komputer dan android di MAN 1 Muna

By admin 03 Mei 2021, 05:24:47 WITA Teknologi
Ujian berbasis komputer dan android di MAN 1 Muna

Gambar : Penilaian akhir tahun PAT MAN 1 Muna berbasis android


Muna, media.man1muna.com --- Pelaksanaan Ulangan Semester Genap Tahun Pelajaran 2018 – 2019 atau lebih dikenal dengan istilah Penilaian Akhir Tahun (PAT) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Muna tahun 2019 dimulai hari ini, Senin (20/05) bertempat di MAN 1 Muna Jalan Tenggiri Nomor 1 Raha. Tepat pukul 07.30 WITA, Kepala MAN 1 Muna, Drs. Hasanuddin, M. Pd, memimpin apel pembukaan. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal bagi kita semua dalam menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi. PAT berbasis android merupakan kegiatan evaluasi pembelajaran akhir tahun yang menggunakan sistem aplikasi dengan smartphone sebagai media utama dalam mengerjakan soal. Jika selama ini kita menggunakan kertas sebagai media evaluasi, maka mulai hari ini, sistem itu akan kita tinggalkan scara pelan-pelan dan beralih pada komputer dan smartphone android sebagai medianya.

“Kegiatan simulasi telah kita laksanakan selama sepekan. Saya harap anak-anakku sekalian bisa bekerja dengan baik dan mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh selama simulasi ke dalam sistem aplikasi yang digunakan. Saya juga berpesan agar tetap berdoa disetiap memulai suatu kegiatan. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dalam mengerjakan sosal-soal yang ada”, ujarnya. Di samping itu, Hasanuddin juga memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah berkerja dalam mensingkronkan sistem jaringan nirkabel yang ada. “Butuh keuletan dan kesabaran ekstra dalam menyikapi provokasi jaringan yang labil. Semoga apa yang telah kita lakukan hari ini, bernilai ibadah dimata Allah SWT. Aamiin”, pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Kurikulum, Zuhria, S.Pd, M.Pd menjelaskan bahwa peserta PAT tahun ini secara keseluruhan berjumlah 162 orang dengan rincian 83 orang Kelas X dan 79 orang Kelas XI. Kegiatan ini dilaksanakan selama 9 hari yakni mulai hari Senin, 20 Mei sampai Rabu, 29 Mei 2019. Mata pelajaran yang dievaluasikan sebanyak 19 mata pelajaran. Alat yang digunakan siswa selama kegiatan PAT adalah Smartphone Android. “Hampir tidak ditemukan kendala untuk hari pertama karena  seluruh siswa sudah memiliki Hp android”, tuturnya.

Pada saat yang sama, Proktor dan juga Teknisi PAT MAN 1 Muna, Nursaleh, S.Pd, M. Si, memaparkan bahwa secara teknis pelaksanaan PAT kali ini dibagi dalam 5 ruangan dengan 3 server yang digunakan. Ketiga server tersebut memiliki power yang cukup kuat untuk melayani dan menghandel peserta  yang login secara bersamaan. “Alhamdulillah, untuk hari pertama, dua mata pelajaran yang dievaluasikan tidak ditemukan kendala. Seluruh siswa bisa login, mengerjakan soal, dan logout dengan baik”, ujarnya.

Ketua OSIS MAN 1 Muna, Syahrul Ramadhan Suwarno, ketika dikonfirmasi tentang PAT Berbasis Android mengatakan bahwa sistem ini sangat baik. Kami tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. Bahkan pelaksanaan ulangan kali ini terkesan santai dan menyenangkan. Syahrul yang juga siswa kelas XI tersebut menambahkan bahwa kami bangga mengikuti ulangan dengan sistem android. “Ini pertama kalinya di Kabupaten Muna, dan MAN 1 Muna adalah sekolah pertama yang menerapkan sistem android dalam kegiatan evaluasi semester. Pastinya kami bangga”, ujarnya sambil berlalu meninggalkan ruangan. (Kadarul)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment