Siapkan Akreditasi, MAN 1 Muna Gelar Pendampingan & Simulasi Persiapan Akreditasi Tahun 2022

By admin 23 Mei 2022, 14:19:34 WITA Pendidikan
Siapkan Akreditasi, MAN 1 Muna Gelar Pendampingan & Simulasi Persiapan  Akreditasi Tahun 2022

Gambar : Tim Asesor BAN S/M, Usmaidin, S.Pd.,M.Si sedang menyampaikan materi di acara pendampingan dan simulasi persiapan akreditasi di MAN 1 Muna.


Muna, media.man1muna.com – Untuk mempersiapkan kegiatan akreditasi, MAN 1 Muna menyelenggarakan pendampingan dan simulasi visitasi akreditasi DIA Tahun 2022. DIA merupakan sebuah system Data Isian Akreditasi yang dapat akses melalui Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah) dengan sistem Daring (Dalam Jejaring). Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin 23 Mei 2022 bertempat di ruang Guru dan dihadiri oleh seluruh Tenaga Pendidik dan Staf Tata Usaha MAN 1 Muna.

Kepala MAN 1 Muna, Sitti Marwah Larisu, S.Ag.,M.Pd dalam sambutannya di awal kegiatan menyampaikan selamat datang kepada Bapak Usmaidin, S.Pd.,M.Si selaku salah satu tim Asesor Akreditasi BAN-SM di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara .

“Semoga kegiatan ini dapat menuntun dan memberikan panduan khususnya dalam menghadapi akreditasi yang rencananya akan diselenggarakan pada akhir bulan ini. Semoga kemampuan dan pengalaman Bapak Asesor dapat ditularkan pada seluruh guru kami. Kami juga berharap agar pada saat pelaksanaan visitasi akreditasi tidak ada kendala yang berarti dan semoga membawa nilai yang memuaskan. Harapannya semoga kedepan MAN 1 Muna dapat memperoleh nilai akreditasi yang sangat memuaskan “Ungkapnya.

Sementara itu Tim Asesor BAN SM  yang mendampingi kegiatan Usmaidin, S.Pd.,M.Si dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa disebut dengan DASI (Pendampingan dan Simulasi). MAN 1 Muna dengan nilai akreditasi terdahulu memperoleh nilai Akreditasi B, jika dalam dasbordnya terdapat peningkatan nilai dari empat Standar Penilaian maka Insya Allah tinggal melanjutkan saja.

Dia juga menegaskan bahwa dalam menghadapi akreditasi semua guru dan tenaga administrasi harus bahu-membahu agar semua data yang akan ditampilkan dapat tercapai. “Insya Allah peluang menuju akreditasi A untuk MAN 1 Muna ada, tinggal bagaimana seluruh warga madrasah bekerja sama untuk mengerahkan semua potensi” tambahnya.

Beberapa trik di komponen mutu lulusan pada sub komponen kedisiplinan, Usmaidin, S.Pd.,M.Si menyampaikan trik-triknya yaitu pilihlah pada level 4, perhatikan unsur disiplin dalam berbagai prilaku misalnya ,maka buktinya apa, penegakannya bagaimana, sanksinya, bahkan rewardnya. Seandainya terlambat tindak lanjutnya bagaimana, Buku piket, catatan-catatan baik tata tertib waktu pelajaran, berpakaian, buku piket. Dilengkapi dengan jadwal dan programnya, serta didukung dengan foto dokumentasinya. “Model Triangulasi untuk visitasi akreditasi tahun ini berupa Observasi, Telaah dokumen, dan Wawancara” Jelasnya.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN 1 Muna Zuhria, S.Pd., M.Pd  menyampaikan rasa syukurnya atas kegiatan yang dilaksanakan hari ini. “Alhamdulillah kegiatan hari ini sangat membantu kami untuk mempersiapkan dokumen akreditasi yang akan diunggah ataupun divisitasi. Beliau berharap bahwa dengan pembekalan yang cukup semoga dapat mengantar MAN 1 Muna memperoleh nilai yang memuaskan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment