MAN 1 Muna ikuti Uji Validasi Instrumen AKMI Tahun 2022

By admin 08 Agu 2022, 09:23:37 WITA Pendidikan
MAN 1 Muna ikuti Uji Validasi Instrumen AKMI Tahun 2022

Gambar : Siswa kelas XI MAN 1 Muna mengikuti Uji Validasi Instrumen AKMI Tahun 2022


Raha, mediaman1muna.com -- Kementerian Agama terus berbenah melakukan perbaikan pendidikan di madrasah. Sejak tahun 2020 Kementerian Agama bekerja sama dengan World Bank (Bank Dunia) melalui program Realizing Education’s Promise- Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) melaksanakan kegiatan AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia).

Progam yang dikelola oleh Ditjen Pendidikan Islam dengan leading sektor pada Direktorat KSKK Madrasah ini bertujuan untuk membantu mendiagnosis kemampuan literasi siswa madrasah dan secara umum mereformasi pendidikan madrasah di Indonesia.  AKMI asesmen kompetensi literasi siswa madrasah yang mencakup literasi membaca, literasi sains, literasi numerasi, dan literasi sosial budaya. Hasil AKMI akan menjadi informasi tentang tingkat kemampuan siswa dalam berliterasi dan berpikir kritis untuk kemudian membantu guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran di kelas.

AKMI telah dilakukan sejak tahun 2021 yang diawali pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Tahun 2022 ini dilakukan untuk tiga jenjang yakni Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah serta Madrasah Aliyah. MAN 1 Muna merupakan perwakilan Kabupaten Muna untuk jenjang Madrasah Aliyah. Sesuai jadwal hari ini Senin 08 Agustus 2022 dilakukan Uji Validasi Instrumen AKMI Tahun 2022. Sebanyak 45 siswa kelas XI IPA dan IPS mengikuti Uji Validasi Instrumen ini dengan rincian 40 peserta tetap dan 5 siswa sebagai cadangan. Kegiatan ini dilakukan dalam dua sesi yang dimulai pada pukul 08.00 WITA hingga pukul 12.30 WITA. 

#salamakmi

#akmiindonesiayesyesyes

#mansatumunabersahabat

#madrasahmandiriberprestasi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment