Kesbang Muna melakukan sosialisasi Kebangsaan di MAN 1 Muna

By admin 03 Agu 2020, 14:41:28 WITA Hiburan
Kesbang Muna melakukan sosialisasi Kebangsaan di MAN 1 Muna

Siswa MAN 1 Muna Ikut Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

  • Rabu, 31 Juli 2019 19:20 WIB

Siswa MAN 1 Muna selesai mengikuti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Raha (Inmas Sultra) --- Sebanyak 40 siswa/siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Muna mengikuti sosialisasi Pemantapan Wawasan Kebangsaan dibidang pendidikan, Selasa (30/07) pukul 09.00 Wita. Sosialisasi kali ini terselenggara atas kerjasama antara Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Kabupaten Muna dengan MAN 1 Muna dan pusat kegiatan dilaksanakan di Aula Madani MAN 1 Muna Jalan Tenggiri No.1 Raha Kab. Muna Provinsi Sulawesi Tenggara. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah “Dengan Pemantapan Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda kita Pertahankan Keutuhan NKRI”.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan Badan Kesbang Pol Kab. Muna. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kesadaran siswa/siswi dalam mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila serta meredam berkembangnya fanatisme kesukuan dan kedaerahan dalam lingkungan masyarakat yang multikutur. Di samping itu, tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk mencegah terjadinya disintegrasi bangsa. Tujuan tersebut  disampaikan oleh Kepala Badan Kesbang Pol Kab. Muna yang diwakili H. Laode Mazati, S. Ag pada saat acara pembukaan berlangsung.

Hadir dalam acara tersebut adalah Kapolres Muna yang diwakili Kepala Urusan Pembinaan Operasional (Kaur Bin Ops) Polres Muna, Aiptu Amran.  Arman yang juga bertindak sebagai narasumber pertama menyampaikan bahwa pentingnya wawasan kebangsaan timbul dari suatu kumpulan pikiran, dimana kita sebagai bangsa Indonesia memiliki suatu cita-cita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan Tujuan Nasional. “Wawasan kebangsaan ini merupakan pemersatu dan pemberi dasar keberadaan dalam diri kita sebagai Bangsa Indonesia”, ujarnya.

Selain itu, hadir pula Komandan Kodim (Dandim) 1416 Muna yang diwakili Komandan Rayon Militer (Danramil) Napabalano, Kapten Infanteri Bahar. Ia tampil sebagai pemateri kedua dan menyampaikan bahwa “Wawasan Kebangsaan juga memiliki makna penting yaitu mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan”.

Pada kesempatan tersebut, Badan Kesbang Pol sebagai penyelenggara kegiatan berharap kepada seluruh siswa MAN 1 Muna untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa tanpa memandang suku dan ras. “Kami juga berharap bahwa dengan sosialisasi ini, siswa/siswi MAN 1 Muna sebagai generasi penerus pembangunan bangsa, tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu dapat diwujudkan dalam bentuk menjaga jati diri bangsa dan mengembangkan perilaku yang mencerminkan budaya-budaya Indonesia. Selain itu, sikap dan tindakan-tindakan yang berdasar pada konsep wawasan kebangsaan perlu ditanamkan dengan baik dan dinamis dalam kehidupan sehari-hari”. Diakhir kegiatan Kepala Badan Kesbang Pol memberikan pertayaan-pertanyaan kepada siswa/siswi peserta sosialisasi. Oleh karena siswa yang bisa menjawab pertanyaan diberikan reward, maka hampir seluruh siswa/siswi yang mengikuti kegiatan berlomba menjawab pertanyaan yang ada.

Sumber : -
Penulis : Muh. Kadarul, S.Pd., MM/MAN 1 Muna
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment