Kegiatan Pembelajaran MAN 1 Muna Dibulan Ramadhan 1443 H

By admin 20 Apr 2022, 10:17:11 WITA Pendidikan
Kegiatan Pembelajaran MAN 1 Muna Dibulan Ramadhan 1443 H

Gambar : Pembimbingan Baca Al Qur'an di MAN 1 Muna


Muna, media.man1muna.com --  Memasuki bulan Ramadhan 1443 H proses pembelajaran di MAN 1 Muna mengalami penyesuaian.   Selama Ramadhan pembelajaran di MAN 1 Muna sebagian besar diisi dengan kegiatan tadarus Al Qur’an dibawah bimbingan guru. Kegiatan Tadarus ini merupakan salah satu dari beberapa program madrasah di bulan Ramadhan sebagai tindak lanjut dari program/instruksi Kepala Kantor Wiayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor : B-2972/Kw.24/PP.00/03/2022 tentang Pemberitahuan Kegiatan Belajar Mengajar pada bulan Ramadhan 1443 H yang menitikberatkan pada peningkatan Iman dan Taqwa serta pendalaman kegiatan Ibadah.

Kegiatan belajar mengajar di Bulan Ramadhan diawali pada pukul 08.00 WITA. Belajar Mapel dilangsungkan selama satu jam hingga pukul 09.00 WITA. Kemudian dilanjutkan  dengan kegiatan tadarus Al Qur’an hingga pukul 10.30  dibawah bimbingan tim guru yang secara khusus ditugaskan untuk setiap kelas. Melalui ini diharapkan progres tadarus para siswa dapat terkontrol dan meningkat. Terkontrol dalam artian dilakukan secara berkelanjutan dan meningkat pada sisi kualitas bacaan sesuai makharijul huruf dan hukum-hukum bacaan didalam Al Qur’an.  Selain tadarus Al Qur’an, momen ini juga diisi dengan kegiatan menghafal Al Qur’an dan Hadist.

Sebelum kegiatan tadarus di bulan Ramadhan ini, tim guru yang bertugas disetiap kelas telah melakukan pemetaan terhadap kemampuan membaca Al Qur’an dikelas tersebut. Pemetaan tersebut mengelompokkan anak anak dalam tiga kategori yakni kelompok siswa yang sudah bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar, kelompok yang belum lancar membaca Al Qur’an, serta kelompok yang belum tahu huruf atau masih belajar Iqro. Fokus utama dilakukan pada dua kelompok terakhir sehingga diharapkan setelah kegiatan bimbingan di Bulan Ramadhan para siswa yang belum lancar membaca Al Qur’an dan berada dalam kelompok Iqra serta belum tahu huruf akhirnya dapat membaca AL Qur’an secara baik dan benar.

Kepala MAN 1 Muna Sitti Marwah Larisu, S.Ag.,M.Pd mengharapkan kerja sama dari semua guru MAN 1 Muna, untuk menghantarkan para siswa menjadi dekat dengan Al Qur’an yang dimulai dengan bisa membaca AlQur’an dengan baik. “Melalui Ramadhan, kami berusaha menumbuhkan kecintaan para siswa terhadap Al Qur’an. Sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara dalam kegiatan Zikir Bersama yang lalu, bahwa Pengantin Ramadhan itu adalah AlQur’an. Sehinggga perlu upaya maksimal pada setiap diri untuk mendekat dengan AlQur’an dengan BAIK. BAIK yaitu Baca Al Qur’an secara Tartil, Artikan maknanya dengan benar, Implementasikan didalam Kehidupan Sehari-Hari, serta Komitmen Untuk menggali Ilmunya.  Alhamdulillah kegiatan ini sudah berjalan 18 hari, semoga terus dikawal hingga akhir Ramadhan” Tutupnya

#mansatumunabersahabat
#madrasahmandiriberprestasi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment