6 SIswa MAN 1 Muna Ikut Festival Madrasah 2019

By admin 04 Agu 2020, 12:24:54 WITA Daerah
6 SIswa MAN 1 Muna Ikut Festival Madrasah 2019

alam rangka pengembangan kualitas peserta didik bidang sains dan prestasi non akademik, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupten Muna (Kab. Muna) menggelar Lomba Festival Madrasah Tingkat Kabupaten Muna Tahun 2019 di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna, Senin (05/08). Adapun yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut adalah seluruh madrasah yang ada di Kab. Muna. Kegiatan yang dihelat oleh Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kantor Kemenag Muna tersebut bertujuan mencari bibit-bibit siswa yang kreatif, dan inovatif dalam melahirkan karya-karya terbaru. Festival Madrasah ini dilaksanakan atas dasar Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara No. 4604/Kw.24.4/PP.00.11/07/2019 tentang permintaan peserta Lomba Festival Madrasah Tahun 2019.

Festival Madrasah adalah kegiatan pertama yang dilaksanakan olehh Kanwil Kemenag Sultra. Jenis lombanya terdiri dari 1. Expo madrasah yaitu Pameran hasil karya siswa Madrasah (ditunjukkan dengan Hasil Penelitian), Pameran Hasil Karya Seni Madrasah (ditunjukkan dengan karya dua dimensi) dan Pameran Prestasi Siswa Madrasah (ditunjukkan dengan plakat/piagam/piala) 2. Pentas Robotic (ditunjukan dengan Rancang Bangunan Mesin Otomatis Bencana dan Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana, Rescue Mobile Robot), 3. Syiar Anak Negeri yaitu Lagu dan Dakwah, 4. Madrasah Student Leadership Work atau Debat Ketua OSIS dengan tema Peran Generasi Muda di Era Revolusi Industri 4.0.

MAN 1 Muna mengirimkan 6 orang duta untuk mengikuti seleksi tersebut. Ke enam orang tersebut terdiri dari 2 orang peserta Lomba Expo Madrasah, 3 orang mengikuti Lomba Syiar Anak Negeri dan 1 orang mengikuti Debat Ketua OSIS. Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Kepala Kantor Kemenag Kab. Muna, Laode Abdul Syukur, didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Pendma) La Ode Irham Wuga. Dalam sambutannya Laode Abdul Syukur mengatakan bahwa Festival Madrasah yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang sains dan prestasi non akademik. “Sasaran utama dari kegiatan ini adalah menumbuhkan kreativitas dan semangat inovasi dari segenap siswa madrasah. Selain itu siswa juga mendapatkan kesempatan dalam belajar, berkreativitas dan berprestasi di bidang sains dan prestasi non akademik, tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Pendma Kantor Kemenag Muna, Laode Irham Wuga menyampaikan bahwa Festival Madrasah ini harus menjadi motivasi bagi siswa dan guru untuk terus memberikan prestasi terbaik dibidangnya masing-masing. “Bagi peserta yang menang dalam ajang ini, itulah yang akan mewakili kabupaten untuk selanjutnya bersaing di tingkat provinsi. Jika berhasil di tingkat provinsi, maka dipastikan siswa tersebut akan mewakili Kanwil Kemenag Sultra untuk berkompetisi ke tingkat nasional. Yang jelas, semuanya akan membawa nama baik Madrasah menuju “Madrasah Hebat Bermartabat”, ungkapnya.

Pelaksana Kepala MAN 1 Muna, Zuhria berharap kepada siswa/siswi yang mengikuti Festival Madrasah tersebut agar berkonsentrasi dan sungguh-sungguh dalam mengikuti tahapan kegiatan, agar nantinya bisa menjadi juara dan mewakili Kabupaten Muna ke tingkat Provinsi, bahkan sampai ke tingkat nasional.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment